Proses pengiriman data di internet

Bila kita akan mengirim suatu file, gambar, maupun video melalui jaringan dan pada saat proses pengiriman data itu rusak makan seluruh data akan di kirim ulang. Solusi dari masalah tersebut data yang akan di kirimkan melalui suatu jaringan akan di pecah-pecah menjadi  bagian-bagian kecil pemecahan ini di sebut segmentasi.

Pada segmentasi data akan di kirim ke tujuan bisa melalui jalur yang berbeda-beda sehingga bila ada satu data yang rusak maka yang di kirim ulang hanya data yang rusak tersebut.

Segementasi memiliki dua manfaat yaitu :
Pertama, dengan mengirimkan potongan individu yang lebih kecil dari sumber ke tujuan, berbagai percakapan dapat disisipkan pada jaringan.Proses yang digunakan untuk interleave potongan-potongan percakapan terpisah bersama-sama pada jaringan disebut multiplexing.

Kedua, segmentasi dapat meningkatkan keandalan komunikasi jaringan. Potongan-potongan terpisah setiap pesan tidak perlu menempuh jalur yang sama di seluruh jaringan dari sumber ke tujuan. Jika path tertentu menjadi padat dengan lalu lintas data atau gagal, potongan individu dari pesan masih bisa diarahkan ke tujuan menggunakan jalur alternatif. Jika bagian dari pesan gagal untuk sampai ke tujuan, hanya bagian yang hilang harus di kirim ulang kembali.

Kekurangannya untuk menggunakan segmentasi dan multiplexing untuk mengirimkan pesan melalui jaringan adalah tingkat kompleksitas yang ditambahkan pada proses. Bayangkan jika Anda harus mengirimkan surat 100-halaman, tapi amplop masing-masing hanya akan memegang satu halaman. Proses pengalamatan, pelabelan, pengiriman, penerimaan, dan membuka seluruh ratus amplop akan memakan waktu untuk pengirim dan penerima.

Dalam komunikasi jaringan, setiap segmen pesan harus melalui proses yang sama untuk memastikan bahwa itu sampai ke tujuan yang benar dan dapat dipasang kembali ke dalam isi pesan asli.

Berbagai jenis perangkat di seluruh jaringan berpartisipasi dalam memastikan bahwa potongan-potongan pesan andal tiba di tempat tujuan.

 

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: